Diberdayakan oleh Blogger.

Hong Kong Part I : Going to HK..

hai hai hai.... trip to HK udah kelar, dari pengalaman kemaren, yang penuh dengan grasak grusuk, mungkin karena info yang tersedia di blog manapun yang gw baca ga begitu detail ya... (tapi thanks to all blogger yang udah sharing pengalaman nya di HK, ya sedikit banyak membantu lah)... jadi gw sekarang mo sharing pengalaman jalan2 ke HK ala Back paker gw mungkin sedikit lebih detail ya, (kali aja bisa lebih membantu kamu2 yang emang sama sekali buta dengan HK) .... so many story i have tell, let's start .... here we go......

berangkat ke HK dari medan, karena si mama ga mau pisah2 berangkatnya... berangkat ke HK ga paket tour2an... karena harga tour yang lumayan mahal (karena kita cuma mau discovery HK doang) dan di tambah orang2 yang berangkat pada pede dan nekat.. xixixiixix a.k.a NGIRIT.... 

kita berangkat naik air asia, soalnya dulu dapet paket promo, tiket pp perorangnya cuma Rp 1,5 jtan... dan ga pake bagasi... karena niat nya mo belanja banyak di sana, so klo berangkat bawa banyak, pulang bisa tambah banyak. xixiixixix. pasti banyak pertanyaan, kalau ga pake bagasi, apa ga ribet tu?

kan air asia banyak banget peraturan bagasi  nya, mulai dari berat yang ga boleh lebih dari 7 kg lah, dimensi yang tertentu lah, dan maksimal hanya membawa 2 bagasi cabin... yang bisa gw bilang sih... semua nya ga terbukti... alias bebas, selama koper yang anda bawa ga segede2 gambrang.. saran saya klo naik air asia tapi ga mau beli bagasi sih :

1. jangan bawa koper yang ukuran nya melebihi ukuran 24', karena ga muat di kabin xixixiix
2. ga usah takut koper kelebihan berat ( > 7 kg ) karena ga di timbang sama sekali.. ini juga terjadi di semua bandara yang saya lewatin.
3. klo seandainya mau pake bagasi, pinter2 nge akalin jumlah kg bagasi nya, karena petugas di counter bagasi bakalan nanya, "tas nya ada berapa" "yang mana aja" dan itu di lakukan per orang. so, pada saat masukin bagasi, naik kan tas terberat dahulu, baru cari koper yang bisa memaksimalkan jumlah bagasi yang anda beli... rugi udah bayar mahal bagasi tapi ga bisa di pake maksimal. xxiixixixi

berangkat dari medan pesawat jam 06.40 sampe di KL jam 8.40. karena ada perubahan rute penerbangan (penerbangan mes-hk udah ga ada lagi), flight kita yang tadi nya cuma transit di KL, ternyata  menjadi 2 penerbangan yang terpisah... dan flight ke HK nya ntar jam 1 siang... so pasti bikin ribet, karena ngabisin waktu untuk nunggu flight ke HK nya. untung nya waktu berangkat kita ga pake bagasi, so ga repot ngurus2 bagasinya. karena gw punya sodara di KL, ya ga ngebosenin banget jadi nya. sekalian temu kangen.

penerbangan ke HK makan waktu 4 jam... so, klo mo ke HK dari medan saran terbaik dari saya :
1. jangan ambil penerbangan yang terpisah a.k.a ga transit, karena banyak buang waktu... perjalanannya panjang banget di pesawat.
2. bawa bantal tidur untuk di pesawat, karena udah bolak balik tidur bangun, itu pesawat ga mendarat2 juga... uhhh...
3. coba lah tidur di pesawat, karena saat mendarat di HK, anda perlu energi lebih, ya.. namanya mau jalan2...  apalagi yang nekat a.k.a back paker spt kite...

Peta Hong Kong
setelah 4 jam di pesawat, akhirnya mendarat juga di HK... alhamdulillah.. proses nya sih sama aja dimana2. keluar pesawat, di sambut anjing pelacak, trus imigrasi... bagi back paker, jangan lupa ambil peta hong kong, transportasi (Bus. MTR, Taksi) dan peta tempat2 shopping. Peta2 itu dapat diambil di counter informasi.(posisi nya kalau keluar dari imigrasi, kita ketemu tempat pengambilan bagasi, jalan aja terus arah keluar, ntar langsung ketemu kok counter informasi nya).

Peta MTR

Counter Octopus
untuk bisa menikmati alat transportasi di HK, kita mesti, kudu, harus, punya kartu OCTOPUS card. setiap orang harus pegang satu.. ga bisa sharing... kartu ini bisa didapet di bandara juga. jadi setelah keluar dari imigrasi, counter informasi, terus aja jalan ke arah luar, ntar ada orang2 nunggu kyk kite nunggu2 klo jemput sodara baru pulang naik pesawat. bedanya klo di indonesia, kita nunggu nya di luar.  klo di HK, tempat nunggu nya masih di dalam terminal bandara.. nah dari situ kita liat counter octopus deket dengan jam gede yang tergantung di sebelahnya. counternya mudah banget di jumpai... ciri2 nya.. bentuk counternya melingkar, dan  di dalam nya ada petugasnya dan letaknya pasti di tengah2 ruangan.. jadi mencolok banget dan langsung bisa dikenalin.


untuk 1 kartu octopus harganya HKD 200. itu termasuk HKD 50 untuk deposit. artinya isi kartu kita hanya HKD 150 aja.

kalo abis bisa di reload lagi kok. kalo ga abis gimana dong? sayang banget duitnya? tenang, deposit dan sisa duit yang ada di octopus akan di refund sebelum kita pulang ke tanah air. refund nya di airport juga bisa.


so, jangan takut duit tidak kembali, xixiixixixixi


dari bandara ke down town bisa di tempuh dengan 3 cara : Bus, MTR, Taksi, so, sebelum memilih alat transportasi, itung2 dulu, armada mana yang lebih murah.. kemaren kita nginep nya di daerah kowloon (Mong Kok tepatnya) jadi setelah di itung2, lebih murah naik bis A21... nah ikutin aja panah yang menunjukkan tempat pemberhentian bis. trus cari deh stop A21.. dan jangan terkecoh, karena antrian nya bisa sampe panjang banget. xixiixix


pintu keluar kedatangan
klo yang naik taksi or express, tinggal ikutin panah arah yang menunjukkan "To City" yaa.... petunjuk arahnya lengkap banget kok.. nah untuk lebih jelasnya di ujung jalan keluar sebelah kiri ada papan informasi besar. nah di situ bisa diliat deh, mulai dari jurusan mana, armada apa aja yang bisa di pakai untuk ke jurusan tersebut sampe ke tarif nya dan segala peraturan pertarifannya... semuanya adaa... lengkap dan mudah di mengerti... syaratnya cuma bisa baca dan bahasa inggris.. (klo ga ngerti bahasa mandarin dan bahasa tarzan, xixiixixxi)

oh, ya untuk yang memutuskan naik taksi, jangan lupa tiap bagasi anda, di kenakan biaya.. xixiixixi.. kalo saran saya sih, mendingan naik bis atau kalau mau cepat ya naik express (lebih mahal).

To be Continued.....

0 komentar:

Posting Komentar

  © Inda's Blog

Design by Emporium Digital